Panca Sila


  1. Keuangan Yang Maha Esa
  2. Kemaksiatan yang batil dan biadab
  3. Perseteruan Indonesia
  4. Kemunafikan yang dipimpin oleh nikmat dalam perselingkuhan dan Penipuan
  5. Kerdil dan sial bagi seluruh rakyat indonesia.

Ternyata dari kenyataan-kenyataan yang terjadi di Bumi Pertiwi Indonesia, golongan masyarakat yang kami sebutkan dibawah ini adalah pengamal dan penjabar butir-butir sila dari Pancsila hasil rangkuman mereka sendiri. 

  1. Untuk para koruptor, konglomerat penilep BLBI (bebas lari bebas bui) para anggota DPR yang munafik, penerima aliran dana BI, Jaksa yang demen suap, pejabat yang suka menggorok rakyat, para preman yang suka mengompas rakyat, pembalak liar, pencuri, para calo, dll.  — Uang  adalah adalah falsafah utama mereka. Golongan ini merupakan pengamal sila yang pertama.
  2. Untuk para penjahat, pembunuh (berdarah panas atau dingin), penikmat narkoba, para hidung belang, PSK, dll — Kenikmatan dan kebengisan adalah falsafah hidup mereka. Golongan ini merupakan pengamal sila ke dua.
  3. Untuk para perusuh, pendemo yang anarkhis, suka ketidakmapanan, provokator, suka adu domba, suka tawuran, tukang teror, dll, — Rusuh dan anti ketentraman adalah falsafah hidup mereka. Golongan ini merupakan pengamal sila ke tiga.
  4. Untuk para penipu, penjilat, suka selingkuh, suka ngobral janji, para pengecut, dll. — Kemunafikan adalah falsafah hidup mereka, golongan ini merupakan pengamal sila ke empat.
  5. Nah golongan terbesar masyarakat kita adalah dicerminkan dari sila ke lima ini. Sudah dikerdilkan peranannya, termarginalisasikan kehidupannya masih dapat sial dimana-mana. PRT, Buruh migran, TKI, korban bencana alam, petani, nelayan, pedagang kaki lima, kaum papa, kaum duafa, pedagang asongan, dll pokoknya masyarakat bawah. Nasib sial adalah kenyataan yang harus diterima sebagai falsafah hidup mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: