George Bush dilempari sepatu

16 12 2008

11095cAdegan pelemparan sepatu yang dilakukan seorang wartawan kepada George Bush di saat konperensi pers dengan PM Irak baru-baru ini, sungguh peristiwa yang sulit dibayangkan, diluar dugaan, diluar kelaziman, diluar nalar,  perlu nyali dan keberanian untuk melakukannya. Apalagi tindakan itu ditujukan kepada Pemimpin negara adi daya yang nota bene pengawalannya sangat super ketat. Sungguh peristiwa yang diluar dugaan bagi seorang Presiden George Bush mendapatkan kenyataan seperti ini. Lebih-lebih  peristiwa itu ditonton penduduk dunia lewat televisi. Barangkali banyak yang senang, bangga tapi mungkin ada yang meradang dengan tindakan itu yang pasti Presiden Hugo Chaves dari Venezuela yang juga pernah mempermalukannya di SU PBB  akan ikut senang pula.

Entahlah penilaian publik di Amerika. Mungkin ada yang menganggap wajar dan mungkin pula ada yang tidak senang dengan tindakan kepada  presidennya seperti itu, mungkin ada yang berang dan marah atau barangkali dianggap sebagai lelucon akhir tahun saja.

Terlepas dari senang atau tak senang, kejadian itu tidak hanya memalukan bagi Presiden George Bush tapi juga bagi pengawal presiden yaitu Secret Service itu sendiri. Dari tayangan telivisi, tampak sekali terkesan mereka kurang sigap dan nothing actions sampai lemparan sepatu yang kedua. Peristiwa seolah ketidaksigapan pengawal presiden dari tangkapan visual di tv ini ditonton publik dunia.  Ini kontras sekali dengan pemberitaan2 atau film-film tentang sosok anggota Secret Service, pengawal presiden yang reaksinya sangat cepat terhadap ancaman sekecil apapun kepada presidennya. Lha kok ditayangan televisi, tersebut anggota Secret Service seolah tenang-tenang saja. Ini kesan awam saat melihat tayangan tersebut.  Padahal budaya Arab pelemparan sepatu merupakan simbol penghinaan yang paling rendah bagi orang yang dilemparinya.  WalahuAllam bisawab.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: